/var/blog/lazuardi

Tuesday, February 17, 2004

"Slack" still the best for me!!!

Abis beres sotsuron, hissashiburini bisa ngutak-ngatik linux lagi. yang pasti gw masih puas dan seneng ama slackware.
ceritanya panjang banget sampe gw kepincut ama slack ini. awalnya sih kenal linux dari mulai redhat 6.2. wah jadi inget masa-masa blank ama linux yang sama sekali gak menarik waktu itu. abis redhat, coba beralih ke mandrake, yang sedikit lebih cakep dari redhat. (kayaknya pemula linux pada mulai dari sini kali yach?!!) lumayan lama juga pake mandrake, karena tertarik dengan ke-simple-annya. (padahal gak juga loh--menurut gw, red)

nah... lama kelamaan, setelah mulai tertarik bener-bener ama linux, jadi kesel juga ama kedua distro itu. tiap kali nginstall program pasti aja gagal, karena dependency lah istilahnya. yang ini mah gak ada di windows biasanya. setelah diselidiki, ternyata itulah kelemahan distro berbasis RPM yang dipelopori redhat dkk.

kepaksa deh keluar dari belenggu RPM menuju distro baru yang lebih berwawasan maju. pertama gw nyoba Gentoo yang terkenal ama portage-nya itu. busyet dah... nginstallnya lama abizz, dan gagal mulu. dari beberapa kali perjuangan, cuman sekali doang berhasil. hasilnya sih emang T-O-P-B-G-T, dan dari gentoo itu gw bisa kenal linux lebih dalam. thanx gentoo.
tapi, gw gak bisa puas ama gentoo yang nginstallnya bisa dua hari dua malem. gw nyoba pindah ke debian, sang raja linux. tapi gagal juga, dan debian ini gak pernah nyangkut di komputer gw, termasuk turunannya kayak mephis dll.
abis tuh, baru lah gw ngelirik distro yang satu ini. slackware...
basisnya lebih deket ke bsd, dengan paket managernya tgz, dan struktur filenya yang emang agak beda dengan distro linux lain. pertama mo nginstall slack, agak fuan juga, sebab debian aja udah gak mau nempel. tapi ternyata, sekali install slack 9 langsung deh kegaet. diterusin ama ver 9.1 yang lebih cakep, wah makin nempel aja deh pokoknya. yang paling penting, tgz-nya yang jauh lebih qualified dibanding rpm. ditambah dengan installer kayak swaret yang bisa bikin happy.

gitulah sekelumit pengalaman gw bertualang dalam dunia linux.
kemaren, baru aja ngupdate ke kde 3.2. wi...h, kde tte saikou yanen... para hacker pengembang kde emang hebat-hebat, dan patut diacungi jempol. kapan yach gw bisa kayak mereka ??!!

hmmm... dekiru kanaaa...

oya, udah pada liat source code-nya microsoft yang lagi hot minggu ini? coba cari deh, dan baca sendiri code-nya. abis itu kasih komentar yach.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home